UNBK, KEUNGGULAN DAN KELEMAHANNYA


Beberapa waktu lalu ketika orang ramai membicarakan tentang ujian menggunakan komputer dan secara on line, muncul berbagai macam reaksi. Pro-kontra yang dilontarkan masing-masing dengan latar belakang persoalan dan aneka keinginan.


UNBK lebih hemat waktu. Bandingkan ketika menggunakan kertas dan pencil, siswa peserta ujian membutuhkan waktu khusus untuk penghitaman. Untuk penghitaman, para guru sudah mengingatkan agar siswa sangat hati-hati, sebab, katanya kalau penghitaman tidak baik bisa berdampak buruk bagi peserta ujian saat pemeriksaan. Begitupun kalau hendak mengganti jawaban. Sulit sekali, karena harus menghapus kembali penghitaman sebelumnya, lalu membuat penghitaman lagi pada alternatif jawaban yang baru. Proses ini bisa menghabiskan lebih dari alokasi waktu 2,4 menit tiap nomor untuk menjawab 50 butir pertanyaan selama 120 menit.

Dengan sistim UNBK waktu 2,4 menit untuk tiap soal bisa dimanfaatkan lebih efektif untuk membaca soal dan berpikir menemukan jawaban. Lalu dengan sekali klik pada opsi jawaban waktu tidak diboroskan untuk penghitaman opsi jawaban apalagi kemudian menghapus dan mengganti jawaban baru. Karena opsi jawaban bisa dipilih dengan cara sangat gampang dan dalam waktu detik dengan mengklik pada pilihan A, B, C, D atau E pada layar komputer. Pilihan juga bisa dengan cara menekan tombol A, B, C, D atau E pada keyboard komputer. Demikian pula ketika peserta ujian hendak mengubah jawaban, bisa dengan memilih dan menuju nomor tertentu lalu langsung mengganti jawaban dengan memilih opsi jawaban tanpa proses panjang dan berbelit.


Satu kelebihan lainnya yang bisa bermanfaat bagi peserta ujian adalah fasilitas "ragu-ragu". Jika ada pertanyaan yang agak sulit dan belum ada kepastian mana jawabannya, maka peserta UNBK dapat meng-klik pada fasilitas "RAGU-RAGU". Pada bagian kanan atas terdapat tulisan DAFTAR SOAL untuk mengecek kembali jawaban. Peserta ujian dapat memastikan apakah semua nomor sudah dikerjakan ataupun untuk meneliti kembali nomor mana yang masih diragukan jawabannya. Pada bagian kanan atas juta terdapat informasi waktu yang menunjukkan masih berapa menit tersisa untuk menyelesaikan tes tersebut.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lahirnya Perintah Puasa Ramadhan