SINTAK MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran Penyingkapan (Discovery Learning)
Sintak :
a.
Stimulation (memberi stimulus)
b.
Problem
Statement
(mengidentifikasi masalah)
c.
Data
Collecting (mengumpulkan data)
d.
Data
Processing (mengolah data)
e.
Verification (memverifikasi.
f.
Generalization (menyimpulkan)
Penjelasan :
a. Memberi
stimulus (Stimulation): guru
memberikan stimulus berupa masalah untuk diamati dan disimak peserta didik
melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar, dan lain-lain.
b.
Mengidentifikasi masalah (Problem Statement): peserta didik menemukan permasalahan, mencari informasi terkait permasalahan, dan
merumuskan masalah.
c.
Mengumpulkan data (Data Collecting): peserta didik mencari dan mengumpulkan data/informasi yang
dapat digunakan untuk menemukan solusi pemecahan masalah yang dihadapi (mencari
atau merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah, terutama jika satu
alternatif mengalami kegagalan).
d.
Mengolah data (Data Processing): peserta didik mencoba dan mengeksplorasi kemampuan pengetahuan
konseptualnya untuk diaplikasikan pada kehidupan nyata (melatih keterampilan
berfikir logis dan aplikatif).
e.
Memverifikasi (Verification): peserta didik mengecek kebenaran atau keabsahan hasil
pengolahan data melalui berbagai kegiatan, atau mencari sumber yang relevan
baik dari buku atau media, serta mengasosiasikannya sehingga menjadi suatu
kesimpulan.
f.
Menyimpulkan (Generalization): peserta didik digiring untuk menggeneralisasikan hasil
berupa kesimpulan pada suatu kejadian atau permasalahan yang sedang dikaji.
2.
Model Pembelajaran Pencarian (Inquiry Learning)
Sintak Model :
a.
Mengamati berbagi
fenomena alam
b.
Mengajukan pertanyaan
tentang fenomena yang dihadapi
c. Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban
d.
Mengumpulkan data yang
terakait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan
e. Merumuskan
kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis
Penjelasan
:
a.
Mengamati berbagai fenomena
alam yang akan memberikan pengalaman belajar kepada
peserta didik bagaimana mengamati berbagai fakta atau fenomena
b.
Mengajukan pertanyaan
tentang fenomena yang dihadapi untuk melatih peserta didik mengeksplorasi
fenomena melalui berbagai sumber
c.
Mengajukan dugaan
atau kemungkinan jawaban dapat melatih peserta didik dalam mengasosiasi atau
melakukan penalaran terhadap kemungkinan jawaban dari pertanyaan yang diajukan
d.
Mengumpulkan data
yang terakait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan, sehingga peserta
didik dapat memprediksi dugaan yang paling tepat sebagai dasar untuk merumuskan
suatu kesimpulan
e.
Merumuskan kesimpulan-kesimpulan
berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis, sehingga peserta didik
dapat mempresentasikan atau menyajikan hasil temuannya
3.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL)
Sintak :
a. Mengorientasi peserta didik pada masalah.
b. Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran.
c. Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok.
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
e. Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.
Penjelasan :
a.
Mengorientasi peserta didik
pada masalah; Tahap ini untuk memfokuskan peserta didik mengamati masalah
yang menjadi objek pembelajaran.
b.
Mengorientasi peserta didik
pada masalah; Tahap ini untuk memfokuskan peserta didik mengamati masalah
yang menjadi objek pembelajaran.
c.
Membimbing penyelidikan mandiri
dan kelompok; Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi/melakukan
percobaan untuk memperoleh data dalam rangka menjawab atau menyelesaikan
masalah yang dikaji.
d.
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya; Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan
dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
e.
Analisis dan evaluasi proses
pemecahan masalah; Setelah peserta didik mendapat jawaban
terhadap masalah yang ada, selanjutnya dianalisis dan dievaluasi.
4.
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning/PjBL)
Sintak :
1.
Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek.
2.
Mendesain perencanaan proyek.
3.
Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah
proyek.
4.
Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek.
5.
Menguji hasil.
6.
Mengevaluasi kegiatan/pengalaman.
Penjelasan :
a.
Menyiapkan pertanyaan atau
penugasan proyek. Tahap ini sebagai langkah awal agar
peserta didik mengamati lebih dalam
terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
b.
Mendesain perencanaan proyek.
Sebagai langkah nyata menjawab pertanyaan yang ada, disusunlah suatu
perencanaan proyek bisa melalui percobaan.
c.
Menyusun jadwal
sebagai langkah nyata dari sebuah proyek. Penjadwalan sangat penting agar
proyek yang dikerjakan sesuai dengan
waktu yang tersedia dan sesuai dengan target.
d.
Memonitor kegiatan
dan perkembangan proyek. Guru melakukan monitoring terhadap pelaksanaan dan
perkembangan proyek. Peserta didik mengevaluasi proyek yang sedang
dikerjakan.
e.
Menguji hasil,
fakta dan data percobaan atau penelitian dihubungkan dengan berbagai data lain
dari berbagai sumber.
f.
Mengevaluasi
kegiatan/pengalaman. Tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi
kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas proyek pada mata pelajaran
yang sama atau mata pelajaran lain.
Komentar
Posting Komentar