SINTAK MODEL-MODEL PEMBELAJARAN



1.   Model Pembelajaran Penyingkapan (Discovery Learning)
Sintak :  
a.         Stimulation (memberi stimulus)
b.        Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
c.         Data Collecting (mengumpulkan data)
d.        Data Processing (mengolah data)
e.         Verification (memverifikasi.
f.          Generalization (menyimpulkan)

Penjelasan :
a.     Memberi stimulus (Stimulation): guru memberikan stimulus berupa masalah untuk diamati dan disimak peserta didik melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar, dan lain-lain.
b.     Mengidentifikasi masalah (Problem Statement): peserta didik menemukan permasalahan,  mencari informasi terkait permasalahan, dan merumuskan masalah.
c.     Mengumpulkan data (Data Collecting): peserta didik mencari dan mengumpulkan data/informasi yang dapat digunakan untuk menemukan solusi pemecahan masalah yang dihadapi (mencari atau merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah, terutama jika satu alternatif mengalami kegagalan).
d.     Mengolah data (Data Processing): peserta didik mencoba dan mengeksplorasi kemampuan pengetahuan konseptualnya untuk diaplikasikan pada kehidupan nyata (melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif).
e.     Memverifikasi (Verification): peserta didik mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data melalui berbagai kegiatan, atau mencari sumber yang relevan baik dari buku atau media, serta mengasosiasikannya sehingga menjadi suatu kesimpulan.
f.      Menyimpulkan (Generalization): peserta didik digiring untuk menggeneralisasikan hasil berupa kesimpulan pada suatu kejadian atau permasalahan yang sedang dikaji.


2.   Model Pembelajaran Pencarian (Inquiry Learning)
Sintak Model :
            a.         Mengamati berbagi fenomena alam
            b.        Mengajukan pertanyaan tentang fenomena yang dihadapi
            c.      Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban
d.        Mengumpulkan data yang terakait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan
e.  Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis

Penjelasan :
a.       Mengamati berbagai fenomena alam yang akan memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik bagaimana mengamati berbagai fakta atau fenomena
b.      Mengajukan pertanyaan tentang fenomena yang dihadapi untuk melatih peserta didik mengeksplorasi fenomena melalui berbagai sumber
c.       Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban dapat melatih peserta didik dalam mengasosiasi atau melakukan penalaran terhadap kemungkinan jawaban dari pertanyaan yang diajukan
d.      Mengumpulkan data yang terakait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan, sehingga peserta didik dapat memprediksi dugaan yang paling tepat sebagai dasar untuk merumuskan suatu kesimpulan
e.       Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis, sehingga peserta didik dapat mempresentasikan atau menyajikan hasil temuannya

3.   Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL)
Sintak :
a.     Mengorientasi peserta didik pada masalah.
b.    Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran.
c.     Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok.
d.    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
e.     Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah.

Penjelasan :
a.       Mengorientasi peserta didik pada masalah; Tahap ini untuk memfokuskan peserta didik mengamati masalah yang menjadi objek pembelajaran.
b.      Mengorientasi peserta didik pada masalah; Tahap ini untuk memfokuskan peserta didik mengamati masalah yang menjadi objek pembelajaran.
c.       Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok; Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan informasi/melakukan percobaan untuk memperoleh data dalam rangka menjawab atau menyelesaikan masalah yang dikaji.
d.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
e.       Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah; Setelah peserta didik mendapat jawaban terhadap masalah yang ada, selanjutnya dianalisis dan dievaluasi.


4.       Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning/PjBL)
Sintak :
1.      Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek.
2.      Mendesain perencanaan proyek.
3.      Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek.
4.      Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek.
5.      Menguji hasil.
6.      Mengevaluasi kegiatan/pengalaman.

Penjelasan :
a.       Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek. Tahap ini sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam  terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
b.      Mendesain perencanaan proyek. Sebagai langkah nyata menjawab pertanyaan yang ada, disusunlah suatu perencanaan proyek bisa melalui percobaan.
c.       Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek. Penjadwalan sangat penting agar proyek  yang dikerjakan sesuai dengan waktu yang tersedia dan sesuai dengan target.
d.      Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek. Guru melakukan monitoring terhadap pelaksanaan dan perkembangan proyek. Peserta didik mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan.
e.       Menguji hasil, fakta dan data percobaan atau penelitian dihubungkan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
f.        Mengevaluasi kegiatan/pengalaman. Tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas proyek pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH DAN TRADISI BATIK INDONESIA

Lahirnya Perintah Puasa Ramadhan